Senin, 13 Agustus 2012

Penyebab Penyakit Jantung

Jantung  adalah sebuah rongga organ berotot yang terletak di dalam rongga torakik, di balik tulang dada,  yang berfungsi memompa darah lewat pembuluh darah dengan kontraksi berirama yang berulang.
Ukuran jantung manusia kurang lebih sebesar kepalan tangan dan merupakan organ terpenting tubuh.
Pada saat berdenyut setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah, selanjutnya jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung.
Dewasa ini, penyakit jantung telah menjelma menjadi pembunuh nomor satu di dunia.
Penyakit jantung adalah suatu kondisi yang menyebabkan jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

FAKTOR PENYEBAB PENYAKIT JANTUNG:

1. Otot  Jantung Yang Lemah
Ini adalah kelainan bawaan sejak lahir. Otot jantung yang lemah membuat penderita tidak dapat melakukan aktivitas yang berlebihan. Sebab, memaksa kinerja jantung yang berlebihan akan menimbulkan rasa sakit di bagian dada, yang kadang dapat menyebabkan tubuh menjadi nampak kebiru-biruan. Hal ini menyebabkan penderita lemah otot jantung itu mudah pingsan.

2. Adanya Celah Antara Serambi Kanan dan Kiri
Kondisi ini disebabkan tidak sempurnanya pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi saat penderita masih dalam kandungan. Hal tersebut mengakibatkan darah bersih dan darah kotor bercampur. Kelainan itu juga membuat penderita tidak dapat melakukan aktivitas yang berat, sebab hampir bisa dipastikan akan membuat tubuhnya menjadi biru dan sesak napas, walaupun tidak menyebabkan rasa sakit di dada. Ada pula variasi dari penyakit ini yaitu penderitanya benar-benar hanya memiliki satu buah serambi.

Serangan jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan jantung sama sekali tidak berfungsi. Kondisi ini  biasanya terjadi mendadak, tanpa ada gejala penyakit jantung dan sering kali disebut gagal jantung.

Penyebab gagal jantung bervariasi, namun penyebab utamanya adalah terhambatnya suplai darah ke otot-otot jantung, baik karena pembuluh darah tersumbat atau mengeras, adanya lemak dan kolesterol, ataupun zat-zat kimia, seperti penggunaan obat yang mengandung phenol propano alanin secara berlebihan.
Dewasa ini juga sering ditemukan gagal jantung mendadak ketika seseorang sedang beraktivitas,seperti yang menyerang beberapa atlet-atlet sepak bola ternama di dunia di tengah lapangan, biasanya, hal itu disebabkan oleh pemaksaan aktivitas jantung yang melebihi ambang batas atau kurangnya pemanasan sebelum melakukan olahraga.
Kelainan jantung yang lain adalah jantung koroner, yang disebabkan oleh penumpukan lemak dalam pembuluh darah jantung (pembuluh koroner), yang lama-kelamaan diikuti oleh proses  penimbunan, perkapuran, pembekuan darah dan sejenisnya. Kondisi ini menyebabkan menyempitnya dan tersumbatnya pembuluh darah. Hal ini mengakibatkan otot jantung kekurangan aliran darah sehingga menimbulkan hal-hal yang kronis dan berbahaya, seperti rasa nyeri pada dada dan infark jantung atau serangan jantung yang bisa menimbulkan kematian mendadak.
Penyakit yang beresiko terkena jantung koroner:
  1. Kadar kolesterol LDL (jahat) tinggi.
  2. Kadar kolesterol HDL (baik) rendah.
  3. Tekanan Darah Tinggi
  4. Perokok.
  5. Diebetes Melitus.
  6. Obesitas.
  7. Keturunan penyakit jantung dalam keluarga.
  8. Kurang olahraga.
  9. Stres.
Bila Anda memiliki salah satu penyakit  diatas dan ada gejala penyakit jantung, segera periksakan diri ke dokter secara berkala. Dan segera atur serta perbaiki pola makan Anda. Sebab, bila lalai, akan berakibat fatal dan Anda akan terjangkit penyakit jantung koroner.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar